PADI Divemaster Internship in Pemuteran (Faizal Jhareste)

 In Diving Course

Written by : Dwi Arsani and Faizal Jhareste

Nama saya Faisal, saya berasal Sulawesi. Ini adalah cerita perjalanan saya untuk menggapai mimpi menjadi seorang penyelam profesional bersama PADI.

Cerita singkat sebelum mengenal menyelam

Dari kecil saya banyak menghabiskan waktu di pantai, hingga saya merasa bahwa dunia saya ada di laut. Suatu hari, saya duduk merenung di pinggir pantai, saya bertanya pada diri saya sendiri “masih adakah kehidupan yang lebih baik dan menyenangkan di luar sana?” Semenjak saat itu, rasa penasaran ini membawa saya untuk ingin mencari tahu jawaban dari pertanyaan saya. 

Setelah lulus SMA saya memutuskan untuk melanjutkan pendidikan saya di Sekolah Kelautan. Sebelum menjadi penyelam profesional, saya bekerja di sebuah perusahaan yang bergerak di bidang kargo. Waktu terus berjalan hingga seseorang yang saya kenal mengajak saya untuk merantau ke pulau Bali, pulau yang sangat dikenal dengan keindahan serta keramah-tamahan penduduknya. Saya akhirnya bekerja di sebuah kapal yang cantik bernama KM. Markisa.

Faisal starts his Dive Master training

Faisal arriving in the Abyss Ocean World team in 2015

Saya takjub setelah melihat langsung keindahan pulau ini, saya kagum akan budaya serta arsitektur setiap bangunan yang berdiri di pulau ini. Di KM. Markisa, saya bekerja sebagai koki dan asisten nakhoda. Beberapa bulan bekerja, saya mencoba pengalaman snorkeling dan ternyata itu sangat menyenangkan, saya bisa melihat berbagai macam hewan laut beserta pemandangan bawah laut nan indah.

Tidak sampai disitu, saya merasa bahwa masih banyak hal-hal menakjubkan yang bisa saya temui di bawah laut. Hal ini akhirnya membawa saya menjadi penyelam profesional.

Faisal with guest diving

Faisal with our guest Gilles Decarie

Saya menyukai program PADI Divemaster Internship in Pemuteran

Bagi sebagian orang, menyelam adalah hal yang menyeramkan dan menakutkan, tetapi bagi saya menyelam seperti membawa saya ke dunia lain. Kehidupan yang belum pernah saya bayangkan sebelumnya. Menyelam scuba adalah hal yang paling menyenangkan dan mengasyikkan. Karena kita bisa lebih dekat dan melihat secara langsung kehidupan dan keindahan bawah laut. Saya bertemu dengan kura-kura, hiu bahkan manta dari jarak dekat, hewan-hewan ini dulu hanya bisa saya saksikan di layar televisi. Ini pengalaman yang sungguh luar biasa.

Finally PADI Divemaster!!!

Suatu kebanggaan tersendiri bisa menyelesaikan program PADI Divemaster Internship in Pemuteran,  akhirnya saya bisa menjadi penyelam profesional yang sesungguhnya. Sungguh banyak perjuangan yang sudah saya lewati bersama instructor saya. Terima kasih Nico, Said, Claudine, dan Daniel yang sudah banyak membantu saya dalam menyelesaikan kursus ini serta dukungan semua crew KM. Markisa. 

Crew from Markisa

Markisa’s crew in 2018

Menjadi Divemaster membuat saya lebih memperdalam ilmu yang sudah saya pelajari dari beberapa kursus yang pernah saya lakukan. Point pertama saya harus merasa percaya diri dengan kemampuan saya sebelum nantinya saya bisa menjadi panutan bagi tamu-tamu yang menyelam bersama saya. 

Divemaster menjadi modal utama saya menjadi pemandu selam ataupun snorkeling, dimana saya mengemban peran penting. Banyak yang perlu saya siapkan agar nantinya perjalanan bersama tamu memberikan sebuah pengalaman mengesankan bagi mereka. 

Saya harus mengatur jadwal, menyiapkan alat dan semua material yang diperlukan selama kegiatan penyelaman ataupun snorkeling.

Dari ini saya menyadari bahwa tanggung jawab saya semakin besar, pekerjaan ini adalah pekerjaan yang menyenangkan tapi penuh dengan tanggung jawab dan resiko. 

Semua pengalaman ini akan menjadi bekal saya hari ini dan hari esok. Harapan kedepannya jika diberi kesempatan saya ingin mencoba memperoleh sertifikasi selam yang lebih tinggi.

Terima kasih banyak kepada PADI and Abyss Ocean World untuk PADI Divemaster Internship in Pemuteran. Jika anda ingin mendapatkan pengalaman luar biasa seperti yang saya dapatkan, anda bisa meng-klik link ini untuk info lebih lanjut.

To follow me on Instagram : @faizal_jhareste

Recommended Posts